25 Desember 2008

Cuil Siap Geser Google

Posisi puncak Google sebagai raksasa mesin pencari agaknya bakal digoyang pemain baru. Suami istri, Tom Costello dan Anna Patterson (keduanya adalah mantan pemain andalan Google) telah melahirkan "Cuil" (baca: cool). Costello saat ini juga masih menjabat sebagai peneliti pada Stanford University dan IBM. Costello dan Patterson tentunya juga dibantu oleh para mantan pemain andalan Google lainnya, Russel Power dan Louis Monier.

Dari segi penampilan, Cuil lebih unggul ketimbang Google, Cuil menonjolkan desain yang minimalis degan warna hitam sebagai dasar. Ketika pemakai memasukkan kata kunci pada Cuil, maka Cuil akan memunculkan indeks berita lainnya yang memiliki kaitan dengan kata kunci utama (semantik). Jadi ketika Cuil berhasil menemukan kata kunci yang diminta, maka akan muncul tab lainnya yang merupakan korelasi dari kata pertama.

Bahkan dalam segi pencarian, Cuil mengklaim dirinya mampu menghasilkan 120 milyar halaman web dan sanggup memberikan jaminan privasi kepada pemakai. Pada kesempatan berbeda, Google mengklaim mampu menghasilkan 1 triliun halaman web.

Dalam bekerja, Cuil memperlihatkan kelebihan lainnya yang tidak dimiliki Google. Cuil mampu memberikan ranking dalam menampilkan indeks berita yang diminta. Cuil mengkategorikan hasil yang didapat dalam sebuah indeks. Costello juga mangklaim kalau Cuil dapat memproses data 3x lebih cepat ketimbang Google. Ini dikarenakan Cuil memiliki tempat penyimpanan data terdekat, sedangkan Google mengandalkan sumber data yang terpusat. Ingin mencoba "Cuil"?, silakan unduh www.cuil.com.